[Sharing] Berburu Visa Jepang Multi-Entry

japan-multi-entry-visa
Contoh Visa Multi-Entry

Sejak pemerintah Jepang memberikan pengecualian visa (visa exemption) bagi pemegang paspor elektronik, kunjungan orang Indonesia ke Jepang terlihat melonjak! Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pos foto atau check in di tempat di Jepang di timeline media sosial yang saya miliki.  Namun, mengingat harga e-paspor dua kali lipat harga paspor biasa, pasti banyak warga Indonesia yang berminat ke Jepang yang tetap harus melakukan permohonan visa, seperti saya.

Dengan pertimbangan efisiensi dan harga yang cukup murah, tidak ada salahnya mengajukan permohonan visa multi-entry sekalian.

Apa saja keuntungannya?

  1. Masa berlaku visa multi-entry selama 3-5 tahun. Jika ganti paspor paspor baru, visa tersebut dapat ditransfer ke paspor baru tanpa biaya!
  2. Masa tinggal 30 hari per kunjungan dibandingkan dengan 15 hari per kunjungan dengan visa exemption atau visa sekali masuk.
  3. Dapat mengunjungi Taiwan dengan visa Jepang berlaku sebagai pengecualian.

Menggiurkan bukan?

Walaupun masih harus melakukan permohonan visa, setidaknya proses aplikasi visa multi-entry nya dipermudah! Kriteria pemohon yang dapat mengajukan permohonan adalah:

  1. Pernah melakukan kunjungan singkat ke Jepang dalam 3 (tiga) tahun terakhir, dan memiliki kemampuan ekonomi yang cukup.
  2. Pernah melakukan kunjungan singkat ke Jepang dan beberapa kali kunjungan ke Negara-negara G7 (kecuali Jepang)
  3. Perorangan yang memiliki kemampuan ekonomi yang cukup
  4. Suami/ istri/ anak dari orang yang dimaksud dalam kriteria (C) yang berkewarganegaraan Indonesia, Vietnam, maupun Filipina.

Daftar rincian dokumen dan persyaratan yang diperlukan dapat dilihat di sini dan di sini. 😀

Karena luasnya criteria tersebut, saya memanfaatkan poin A dan Poin B. Lebih tepatnya, saya pernah melakukan kunjungan singkat ke Jepang di tahun 2012 dan 2013 serta pernah berkunjung ke beberapa negara G7* selain Jepang. 😀 Jika memang belum pernah, tapi memiliki kemampuan ekonomi yang cukup, atau pasangan dari orang yang memenuhi yang berkemampuan ekonomi cukup, bisa juga mencoba peruntungan :D. Menurut petugas yang melayani saya saat mengajukan aplikasi, jika memang dianggap belum memenuhi criteria, Konsuler Jepang tetap dapat mempertimbangkan pemohon untuk memperoleh single-entry visa. Enaknya aplikasi visa Jepang adalah pembayaran yang dilakukan saat paspor diambil kembali. Jadi, biaya yang dibayar pun akan sesuai dengan jenis visa yang diterbitkan. 😀

Biaya multi-entry visa ini hanya Rp660.000 saja! Cuma setengah harga visa multi-entry Korea Selatan. Worth it deh!

Untuk persyaratan dokumennya sendiri, hanya ada tambahan dokumen berupa surat permohonan visa multi-entry. Surat ini berisikan motivasi dan alasan kita sebagai pemohon untuk meyakinkan Konsuler untuk memberikan visa multi-entry. Tidak ada format resmi yang disyaratkan. Saya sendiri menuliskan surat saya dalam bahasa Inggris. Kurang lebih isinya menyatakan bahwa saya telah memenuhi kriteria untuk mengajukan permohonan, serta alasan saya ingin mengunjungi Jepang berkali-kali karena kunjungan-kunjungan saya sebelumnya begitu membekas dalam memori saya. J

Saran saya adalah, baca persyaratan dan dokumen yang diminta dengan seksama. Jangan ada yang ter-le-wat. Jika memang ada dokumen yang tidak ada, misalnya surat keterangan kerja, buat surat pernyataan serta dokumen pendukung lain yang kira-kira dapat menjelaskan keadaan kita sebagai pemohon. Mungkin proses di depan petugas akan makan waktu lebih lama, tapi berdasarkan pengalaman saya, mereka sangat membantu!

Semoga bermanfaat!

*Negara G7: Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Perancis

P.S.: Tulisan ini hanya bentuk berbagi pengalaman, tidak ditujukan sebagai pendapat yang mengikat. Keputusan penerbitkan visa tetap ada di tangan Konsuler Jepang di yurisdiksi pemohon.

Advertisements

2 thoughts on “[Sharing] Berburu Visa Jepang Multi-Entry

  1. Hi there! Ini jarang2 loh nemu yg sharing apply multiple entry visa Jepang buat di Indonesia. Saya browsing sepanjang search result di internet yg sharing orang Philippines semua! hehe.. Buat nambah testimonial aja, kalau saya juga berhasil dapat multiple entry visa Jepang, dan hanya pakai syarat yang “pernah ke Jepang”. Ga pernah ke negara G7. Dan lumayan dikasih 3 tahun 🙂 Apply nya di Makassar pula.. haha..

    So, buat teman2 yg ga pny e-passport, sudah pernah ke jepang, tabungannya agak lumayan, berencana main ke Jepang ga cm sekali lagi, boleh lah dicoba apply multiple entry 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s